100 Hari Gus Dur, Nahdliyin Banjiri Alun-Alun DIY

YOGYAKARTA – Puncak peringatan 100 hari wafatnya Gus Dur juga akan digelar di Yogyakarta, Sabtu 10 April 2010. Acara dipusatkan di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Diperkirakan lebih dari 50 ribu warga Nahdliyin akan hadir dalam acara tersebut. Beberapa tokoh dijadwalkan juga akan hadir, seperti Ketua Umum PBNU Said Agil Siradj, Sri Sultan HB X, Lily Wahid, dan musisi Ahmad Dhani.

“Nantinya ada Said Agil, Lily Wahid, dan Ahmad Dhani ikut hadir dalam peringatan 100 hari wafatnya Gus Dur,” kata ketua panitia acara dari kaum muda NU DIY Munir Che Anam, Kamis (8/4/2010).

Munir menjelaskan, acara peringatan akan dibagi menjadi dua sub acara, yakni karnaval kebhinekaan Indonesia dan tahlilan akbar. Karnaval ini, imbuh Munir, akan menampilkan seni budaya dari 33 provinsi di Indonesia, seni budaya Tionghoa, pawai lintas agama, seni tradisional NU, dan pawai motor gede.

“Sekira empat ribu orang akan terlibat di karnaval ini,” terangnya.

Acara ini bertema Memperkokoh NKRI dan Memperkuat Integritas Bangsa Indonesia dilanjutkan pada malam harinya dengan acara tahlilan akbar yang akan dilaksanakan di Alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Acara ini akan melibatkan kyai ponpes se-DIY, serta melibatkan warga Nahdliyin dan simpatisan Gus Dur.

“Selain menampilkan tari nusantara dan pembacaan puisi untuk Gus Dur, tahlilan ini juga akan menampilkan Ahamd Dhani,” imbuhnya.
(Satria Nugraha/Trijaya/lam)

Tentang maskapache

Terus belajar untuk mencari sebuah kebaikan...
Pos ini dipublikasikan di Campur dan tag , . Tandai permalink.