Film Gigolo Bali Mulai Masuk Ranah Pidana

DENPASAR – Pihak kepolisian mulai melakukan penyelidikan terhadap Film dokumenter ‘Cowboys in Paradise” dengan berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait hasilnya mengarah pada dugaan pelanggaran UU No 8 Tahun 1992 tentang Perfilman.

“Jika ditemukan fakta pembuatan film tidak ada izinnya, ini jelas melanggar Undang-Undang Nomor 8/1992 pasal 41 ayat (1) tentang perfilman,” kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Gde Sugianyar di Denpasar, Rabu (28/04/2010).

Menurut Sugianyar, dari penyelidikan sementara petugas dan hasil koordinasi beberapa pihak terkait, diketahui jika film tersebut tidak mengantongi izin pembuatan.

Tidak hanya tak berizin alias ilegal, pelanggaran lain dilakukan sang sutradara dalam film Armit Virmani, yang dianggap melanggar undang-undang keimigrasian. “Dalam kunjungannya ke Pulau Dewata ia hanya menggunakan visa turis,” papar mantan Kapolresta Balikpapan ini.

“Jika wisatawan menggunakan visa turis, artinya mereka tidak diperkenankan melakukan aktivitas selain berlibur,” jelasnya lagi.

Dikatakan Sugianyar, jika ada aktivitas pengambilan gambar tanpa izin, terlebih kepentingan pembuatan film jelas merupakan pelanggaran. Hanya saja pihaknya cukup kesulitan mengontrol aktivitas para wisatawan yang melakukan pengambilan gambar dengan kamera kecil berbagai bentuk dengan tujuan yang tidak jelas.

Menyoal penertiban terhadap aktivitas gigolo di Pantai Kuta, kata dia, tidak mungkin dilakukan karena hal tersebut menyangkut pribadi dan selama ini dilakukan secara tertutup.

Untuk itu, menurut Sugianyar, yang lebih penting adalah bagaimana tindakan pencegahan, yakni tidak memberikan kesempatan bagi penjaja seks dengan secara rutin dan berkesinambungan.

Upaya pencegahan bisa dilakukan oleh Satgas setempat, karena selama ini mereka yang bersentuhan langsung dengan orang-orang yang dicurigai akan melakukan aktivitas yang menyimpang seperti dilakukan para gigolo.

“Kami berharap, para petugas disana mampu melakukannya secara selektif, tanpa mengganggu kenyamanan wisatawan lainnya,” ucap Sugianyar.(ahm)

Tentang maskapache

Terus belajar untuk mencari sebuah kebaikan...
Pos ini dipublikasikan di Campur dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Film Gigolo Bali Mulai Masuk Ranah Pidana

  1. joni prayoga berkata:

    wah wah wah….edan…mudah2n segera terselesaikan

    mohon kunjugan n komentnya di http://lovenroll.wordpress.com & http://oikco.worpress.com ;D

Komentar ditutup.