CEO Nokia Taruh Harapan Besar untuk N8

HELSINKI – Tidak lama lagi Nokia akan meluncurkan ponsel cerdas terbarunya, N8, untuk membantu menutup kesenjangan dengan pesaingnya di pasar perangkat genggam kelas high-end tersebut.

Memang saat ini Nokia masih merupakan pemimpin global dalam pasar smartphone, akan tetapi mereka harus berjuang keras dari para rival mereka, Apple dengan iPhone dan Research In Motion BlackBerry, yang tak berhenti menggeser Nokia dari posisi teratas.

CEO Nokia Olli-Pekka Kallasvuo mengakui bahwa perusahaan yang berbasis di Finlandia telah menghadapi banyak pekerjaan yang harus dilakukan, apalagi saham mereka dalam dua minggu terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dia juga menjanjikan N8 akan menjadi andalan mereka untuk bersaing dengan iPhone dan Blackberry.

“Tahun ini, Nokia berencana untuk memperkenalkan generasi baru dari perangkat yang diharapkan untuk membantu menutup kesenjangan dengan kompetisi di ponsel pintar cerdas,” katanya, seperti dikutip SMH, Jumat (7/5/2010).

Olli-Pekka saat ini tersudut di tengah spekulasi media Finlandia yang menyatakan ia dipaksa untuk mundur karena perusahaan dianggap kalah bersaing dengan rival utama mereka.

Ketua Dewan Jorma Ollila setuju perusahaanya tahun lalu telah mengalami keuntungan yang tidak memuaskan, akan tetapi Olila mengatakan pada rapat umum tahunan pemegang saham (RUPS) bahwa dewan mendukung manajemen perusahaan dalam semua strategi bisnisnya.

Bulan lalu saham Nokia saham jatuh dan laba bersih mereka lebih lemah dari yang diharapkan. Kallasvuo juga mengakui sistem operasi Symbian digunakan di sebagian besar ponsel Nokia tidak berhasil untuk bersaing dengan para rival.

Namun dia mengatakan perusahaannya akan memperbaiki faktor ini , dan menambahkan tujuannya adalah untuk menjadi pemimpin gambar pasar smartphone high-end.
(tyo)

Tentang maskapache

Terus belajar untuk mencari sebuah kebaikan...
Pos ini dipublikasikan di Techno. Tandai permalink.