B. Sifat Wajib Bagi Allah

Sifat wajib ialah sifat-sifat yang pasti dan harus ada pada Allah karena dengan sifat-sifat itu menunjukkan kesempurnaan-Nya. Sifat-sifat yang wajib bagi Allah itu, sebagian akan dijelaskan dalam uraian berikut ini.

  1. Wujud (ada)

Salah satu ciri iman kepada Allah ialah meyakini bahwa Allah itu ada (wujud). Bagaimana cara meyakini bahwa Allah itu ada? Kita memang tidak dapat melihat Allah, tetapi menyaksikan adanya ciptaan-Nya, seperti alam semesta beserta isinya. Dengan akal pikiran yang sehat, kita membenarkan bahwa alam semesta dan keteraturan gerakan-gerakannya pasti ada yang menciptakan dan mengatur. Tidak mungkin benda-benda itu ada tanpa ada yang membuat dan yang membuat alam beserta isinya itu pasti hanyalah Allah SWT.

Sebagai muslim yang beriman kita wajib mempercayai bahwa Allah itu ada. Allah berfirman dalam surah Ali Imran ayat 62 :

(وَمَا مِنْ إِلَهٍ إِلا اللَّهُ …… (٦٢

Artinya :

“…Dan tak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah…” (Ali Imran/3 : 62)

Dalam surah Al-Baqarah ayat 163 Allah berfirman :

(لا إِلَهَ إِلا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ (١٦٣

Artinya:

“….Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (Al-Baqarah/2 :163)

Sebagai bukti keimanan atas keberadaan Allah, kita membiasakan diri menerapkan nilai kekhusyu’an dalam hubungan dengan Allah dimana saja berada, terutama dalam peristiwa – peristiwa tertentu. Kebiasaan yang perlu ditumbuhkan antara lain membaca Bismillahirrohmanirrohiim (Basmalah) setiap memulai bekerja, makan, berpergian dan sebagainya. Membaca Almandulillahirobbil’alamiin (Hamdalah) setelah mengerjakan sesuatu yang tidak melanggar atas ketentuan-Nya dan setelah kita mendapatkan rahmat atas segala pemberian-Nya sebagai ucapan ‘terima kasih’. Membacakan Astaghfirullah (Istighfar) setiap kelupaan, jengkel, dan sebagainya. Membacakan Subhanallah setiap terjadi petir/kilat, terantuk, kendaraan oleng dan sebagainya.

Tentang maskapache

Terus belajar untuk mencari sebuah kebaikan...
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan Agama Islam dan tag . Tandai permalink.