Rangka Manusia

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diciptakan dlam bentuk tubuh yang paling sempurna. Coba rabalah tubuhmu, mulai dari ujung jari kaki hingga ujung kepala! Adakah bagian yang terasa keras?. Bagian apa sajakah itu?. Bagian yang terasa keras tersebut menunjukkan adanya tulang. Tulang-tulang tersebut bersambungan dan tersusun secara teratur. Tulang-tulang yang tersusun secara teratur disebut rangka.

Tulang membantu melindungi bagian-bagian tertentu pada tubuh kita. Misalnya, bagian yang lunak dan organ-organ dalam penting seperti hati, jantung, paru-paru, dan ginjal. Tulang juga membantu kita bergerak atau melakukan kegiatan. Selain itu, tulang merupakan kerangka tubuh yang menahan dan menjaga bentuk tubuh. Coba bayangkan bila tubuh kita tidak memiliki rangka! Apa yang terjadi?. Tentu tubuh kita akan jatuh terkulai dan tidak bias berdiri tegak.

Apa yang menghubungkan antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya?. Antar tulang dihubungkan oleh sendi. Sendi menjadikan tulang terikat kuat pada tempatnya.

Apa yang menggerakkan rangka tubuh?. Bagian yang dapat menggerakkan rangka disebut otot. Pada kehidupan sehari-hari otot sering disebut daging.

Tentang maskapache

Terus belajar untuk mencari sebuah kebaikan...
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Pengetahuan Alam dan tag . Tandai permalink.