ATHENA, Yunani

Athena, Yunani didirikan pada tahun 1900 SM.

 

Athena, Yunani

Ibu tak terbantahkan dari kebudayaan Barat, Athena purba adalah puncak pemikiran, kreatifitas dan wawasan politik yang tak tertandingi dan tergantikan. Masa keemasan Yunani, dari 457 SM hingga 429 SM menyaksikan kota ini tumbuh menjadi contoh dunia untuk seni dan arsitektur. Selama masa tersebut, Ictinus dan Callicrates membangun Parthenon di Acropolis, sementara Phidia menyelesaikan salah satu dari 7 keajaiban dunia purba, patung Zeus di Elis, dan Pericles memperkuat Athena untuk menghadapi Sparta dalam perang Peloponnesian. Pericles adalah murid dari filsuf Anaxagoras, orang pertama yang memperkenalkan penjelasan mendua tentang jagat raya dengan menyatakan bahwa semua obyek terdiri dari partikel-partikel kecil, atau atom. Pada saat yang bersamaan, para dokter Athena menolak pemikiran bahwa penyakit tak boleh dipersoalkan atau suatu hukuman dari dewa-dewa, dan dengan demikian membuat obat-obatan berdasarkan ilmu pengetahuan. Socrates menciptakan metode Socrates, yakni metode pengajaran berupa tanya jawab. Pengembangannya memberi ins-pirasi bagimurid-murid seperti Plato, yang menulis Republik dan mendorong Aristotle untuk pada saatnya menulis Ilmu Politik yang setaraf kualitasnya dan kemudia menularkan pengetahuannya kepada Alexander Agung.

Masa keemasan Athena berakhir pada tahun 429 SM dengan munculnya wabah penyakit yang membunuh Pericles dan 1/3 penduduk kota. Namun demikian, kota ini tetap menghasilkan karya-karya besar dibidang seni dan ilmu pengetahuan. Disini, para dramawan, seperti Aeschylus, Euripides, dan Sophocles, bersaing pada kompetisi-kompetisi teater tahunan yang diselenggarakan sejak abad ke-5 SM. Karya-karya mereka tetap bertahan dan terus memberikan pengaruh bahkan terhadap industri film modern. Dikota ini Olimpiade dimulai di dekat kaki gunung Olympus pada tahun 776 SM. Disini pula penyair buta Homer menciptakan Iliad dan Olyssey pada tahun 850 SM. Karya-karya ini mengisahkan sedemikian banyaknya peristiwa heroisme di hadapan kehendak dewa-dewa sehingga mereka berperan sebagai teks pendidikan dasar, dan tetap kekal serta mengundang kekaguman bahkan hingga kini.

Sisa-sisa monumen, yang berbicara tentang kebesaran masyarakat Athena, adalah khasanah dunia yang dibangun di tengah atmosfir kreatifitas, eksplorasi ilmu pengetahuan dan perdebatan intelektual. Acropolis merupakan tempat berdirinya Parthenon, yang dikatakan “seakan-akan sesederhana percakapan Socrates”; kuil bertiang yang bentuknya membujur ini adalah ungkapan tanpa adanya tanda ketegangan ataupun konflik dri cita-cita manusia mengenai kemurnian dan kesatuan “.

Athena adalah sebuah kota berpenduduk 748.000 jiwa yang hidup di atas tanah seluas 165 mil persegi (427 kilometer persegi)di dekat sungai Kifisos dan Ilisos. Ketika Yunani, yang ditaklukan oleh Kekaisaran Ottoman pada abad ke -15, menganut sistem monarki konstitutional pada tahun 1833, maka Athena sekali lagi memperoleh peran sebagai ibu kota Yunani, sesuatu yang ia pertahankan tatkala Yunani menjadi republik setelah Perang Dunia II.

Tentang maskapache

Terus belajar untuk mencari sebuah kebaikan...
Pos ini dipublikasikan di 100 Kota Besar Bersejarah di Dunia dan tag , . Tandai permalink.