Ahli Farmakologi yang Menyelidiki Obat Bius

Ibnu Wafid adalah seorang Muslim Andalus yang terkenal sebagai ahli farmakologi, serta dalam bidang teori-teori pertanian. Tidak banyak yang dapat diketahui mengenai riwayat hidupnya. Ibnu Wafid, yang nama lengkapnya, Abu al Mutarrif Abdur Rahman bin Muhammad al Lakhmi Ibnu al Wafid, menurut Sa’id Andalusi, lahir pada tahun 398 H/1.007 M. Setelah belajar ilmu kedokteran pada Abu Qasim az Zahrawi di Kordova, ia lalu menetap dikawasan Toledo pada tahun 460 H/1.067 M.

Walaupun ahli dibidang farmasi, ia lebih menyukai penyembuhan suatu penyakit tertentu dengan cara diet yang tepat. Kalaupun terpaksa, maka yang digunakan hanyalah campuran obat-obatan yang sederhana. Dialah yang telah mengemukakan penggunaan ukuran-ukuran tentang diet untuk penyembuhan suatu penyakit. Ia pulalah yang menemukan suatu metode penyelidikan mengenai kelakuan obat bius dalam tubuh manusia.

Dari beberapa karya yang dikarang Ibnu Wafid, oleh para biografer disebutkan bahwa hanya sebagian diantaranya yang mungkin masih dapat dijumpai, misalnya:

  1. “Kitab fi al Aswiya al Mufrada”. Buku ini telah diterjemahkan dan diringkas kedalam bahasa Latin oleh Gerard dari Cremona, dengan judul “Liber Albenguefith Philosophi de Virtutibus Medicinarum et Ciborum”. Buku tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Hebrew dan Catala. Teks aslinya dalam bahasa Arab, sebagian masih ada, dan belum diterbitkan.
  2. “Kitab al Wisad fi ath Thibb”.
  3. “Majmu’ fi al Filaha”. Teksnya yang dalam bahasa Arab dan Castilia pernah dibahas oleh Garcia Gomez dan Millas.
  4. “De Balneis Semo”. Judul ini disebutkan oleh Mieli Namm, tidak jelas hubungannya dengan karya-karya yang pernah ditulis sebelumnya oleh Ibnu Wafid.

Tentang maskapache

Terus belajar untuk mencari sebuah kebaikan...
Pos ini dipublikasikan di Nama-Nama Ilmuwan dari Dunia Timur dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ahli Farmakologi yang Menyelidiki Obat Bius

  1. Ping balik: Tweets that mention Ahli Farmakologi yang Menyelidiki Obat Bius « Apachemask's Blog -- Topsy.com

Komentar ditutup.