ATLANTA

 

Atlanta

Atlanta (Amerika Serikat), ibukota yang anggun dari negara bagian Georgia dan juga kota terbesar, yang mencakup area 132 mil (342 kilometer) persegi, adalah pusat Amerika bagian Selatan untuk politik, komunikasi, keuangan dan perdagangan. Banyak raksasa-raksasa internasional, seperti Coca-cola yang didirikan di Atlanta pada tahun 1886, mempunyai kantor pusat disini, sebagaimana juga badan-badan pemerintah, seperti Pusat Pengendalian Penyakit dan Distrik Bank Sentral ke 6. Lokasi dimana Olimpiade 1996 digelar, kota ini juga adalah sebuah pusat pendidikan utama bagi Amerika bagian Tenggara. Universitas Atlanta didirikan pada tahun 1865, Clark College pada tahun 1869, dan Universitas Emory, pada tahun 1836. Institute Teknologi Georgia (1888), atau Georgia Tech, adalah salah satu dari lebih 20 buah perguruan tinggi dimana sebagian dari penduduk Atlanta yang berpenduduk sekitar 394.000 menuntut ilmu.

Pada tahun 1837, lokasi dimana kota ini berada terpilih sebagai terminal bagi sebuah jalur kereta api dengan tujuan Chattanooga, Tennessee. Dinamai pertamakali  “Terminus”, dan kemudian “Marthasville”, mengambil nama dari putri Gubernur Wilson Lumpkin (1834), terakhir namanya dirubah menjadi Atlanta, sebagai penghormatan terhadap Western & Atlantic Railroad (1845).

Selama Perang Saudara. Jendral William Tecumseh Sherman menjadikan Atlanta sebagai target karena ia adalah pemasok utama pasukan Konfederasi. Setelah menaklukkan kota dalam perang Atlanta (1864), ia menggunakannya sebagai kamp militer dan kemudian berangkat pada tanggal 15 November untuk melakukan “mars ke laut”-nya termasyur. Kota ini, yang ditinggalkan dalam keadaan hancur lebur, dibangun kembali dan dipilih menjadi sebuah pusat politik federal.

Bersamaan dengan tumbuhnya Atlanta sebagai pusat bisnis, hubungan dengan Utarapun dipulihkan. Tiga buah pameran dagang (Ekspo) menandai identitas baru kota ini sebagai salah satu pemimpin ” Selatan Baru “. Ekspo Katun Internasional di selenggarakan pada tahun 1881, Ekspo Piedmont pada tahun 1887, dan Ekspo Katun Negara-negara Bagian dan Internasional, pada tahun 1895. Pada saat itulah Booker T. Washington memberikan ceramah-nya yang terkenal dan kontroversial dihadapan para warga kulit hitam. Ia setuju bahwa warga kulit hitam dapat ditarik dari pemerintahan dan politik selama pelatihan pendidikan dan teknik disediakan bagi warga kulit hitam yang berminat pada pendidikan mandiri dan tanggungjawab pribadi.

Sejak saat itulah, Atlanta menjadi pusat dari gerakan hak-hak sipil warga kulit hitam. Meskipun Atlanta adalah kota pertama yang mengintegrasikan sekolah-sekolahnya tanpa gangguan berarti dan kota besar pertama di bagian Selatan Amerika Serikat yang memilih walikota kulit hitam (1973), namun ia juga mengalami kerusuhan sosial pada tahun 1966 dan 1967, ketika Gerakan hak-hak sipil memperoleh kekuatan dan dukungan di seluruh negara. Southern Christian Leadership Conference yang didirikan oleh Martin Luther King, Jr. berkantor pusat di Atlanta, dan jasadnya dimakamkan di halaman Gereja Baptis Ebenezer.

Tentang maskapache

Terus belajar untuk mencari sebuah kebaikan...
Pos ini dipublikasikan di 100 Kota Besar Bersejarah di Dunia. Tandai permalink.